Bahan Pengisi Rusuk | Dak Lantai Keraton

Februari 1, 2009 pukul 3:30 am | Ditulis dalam Tentang Dak Lantai | Tinggalkan komentar
Tag: , ,

Bahan Pengisi Rusuk
dalam struktur pelat rusuk, bahan pengisi rusuk memainkan peranan yang penting agar mutu karak-terisitik final (K175, K225, atau K300) tetap dipertahankan. Bahan pengisi dipilih yang bersifat unggul, seperti kekakuan yang tinggi dan kemampuan daya tekan yang menyamai kekuatan beton. para ilmuwan eropah menemukan bahan yang cocok yang memenuhi kebutuhan sifat tersebut diatas yaitu tanah liat bakar (Terra Cotta). Dengan pengolahan dan pemanasan pada suhu tinggi kekuatan pelat rusuk yang menggunakan tanah liat bakar sebagai pengisi, secara keseluruhan tidak kalah dibandingkan dengan beton cor biasa. bahkan mempunyai daya dukung yang lebih tinggi.
di dalam “Abstrak” telah disebutkan istilah “beton kurus” yang digunakan sebagai pengisi pelat rusuk. beton kurus dapat diartikan dengan beton dengan campuran semen rendah tetapi diviberasi dan dikompresi (ditekan) menjadi blok-blok beton dikenal dengan sebutan blog beton ringan. namun istilah “beton kurus” ini juga digunakan dalam hal balok (rusuk) betok berbentuk I yang berjajar secara beraturan yang dikombinasikan dengan rongga berbentuk O, sehingga akan membentuk jajaran balok beton I dengan pinggang I yang ramping (kecil bagian tengah) sehingga disebut dalam PBI. sebagai “diisi dengan beton kurus”, karena rusuk-rusuknya yang ramping ditengahnya.

Teknologi Pelat Rusuk Di Eropa.
Teknologi pelat rusuk dengan pengisi tanah liat bakar ini lahir di eropah 100 tahun yang lampau dengan bermacam design dan model tanah liat bakar pengisi dan berkembang luas sampai ke timur-tengah.
dari penilitian perkembangannya, dapat dilihat bahwa di atara negara-negara penganut tehnik beton, inggris hanya mencantumkan keberadaan pelat rusuk (ribbed floor costructions (2)) secara sumair saja. sehingga perkembangan teknologi ini di negara-negara commonwealth kurang bahkan tidak berkembang sama sekali. seperti di australia, malaysia,…. Negara Indonesia mendapatkan imbasnya, bahkan diseluruh asia tampaknya teknologi petak rusuk belum dikenal sama sekali.

dari negara germanic-belanda-dan-euro-latin perkembangan teknologi pelat rusuk sampai ke timur tengah. ini tampak dari buku-buku tehnik betonnya yang mencantumkan jenis-jenis pelat rusuk yang tergambar terperinci (3,4,5) contoh jenis-jenis tehnik, bentuk dan pengisi pelat rusuk menurut tehnik jerman dan belanda diataranya diberikan dalam gambar diatas.

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: